Sunday, July 22, 2012

Kontrak Akhir Mini Bridge


Pelarajan 9

Bagaimainan cara menentukan kontrak akhir dalam permainan minibridge?

Pada pelajaran sebelumnya telah dijelaskan bagaimana jika menjadi seorang declarer, yaitu sebelum menentukan atau memilih jenis permainan akhir dalam mini bridge, Anda harus mencocokan kartu Anda dengan kartu yang berada di dummy.

Hal pertama yang dilakukan adalah melihat apakah dalam suatu warna Anda dan partner memiliki paling sedikit delapan lembar kartu atau tidak. Jika tidak memiliki delapan kartu atau lebih, maka Anda tidak dapat bermain di warna trump dan harus bermain pada kontrak notrump.

Sedangkan jika bersama partner mempunyai delapan lembar atau lebih pada salah satu warna, maka Anda harus melihat apakah warna tersebut Major atau minor. Jika warna tersebut merupakan warna Major, maka Anda dapat membuat warna tersebut sebagai trump, karena warna Major akan menghasilkan skor yang terbaik.

Jika warna tersebut warna minor, maka Anda harus melihat apakah anda kemungkinan untuk bermain saja pada kontrak NT. Anda harus memperhatikan apakah Anda bersam partner mempunyai kartu yang terbagi rata (pembagian NT) dan juga apakah ada “kebocoran” di salah satu warna. Jika NT mungkin, maka seharusnya Anda menetapkan kontrak NT sebagai kontrak akhir.

Game atau bukan game
Jika Anda sudah menentukan jenis permainan, maka langkah berikutnya adalah memilih kontak game atau bukan game. Pemilihan kontrak game atau tidak ditentukan oleh jumlah trik yang akan diperoleh walaupun hal ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Untuk menentukan kontrak game atau tidak maka hitunglah jumlah HCP Anda dan partner. Jika total poin adalah 25 HCP maka jumlah poin tersebut sudah memenuhi syarat untuk bermain game.

Secara sistimatis dapat dilihat pada table berikut :

Pertanyaan
Anda duduk sebagai Selatan.

Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dengan baik, maka sebaiknya jika kartu-kartu baik Utara dan Selatan disusun rapi dan diletakan secara terbuka di atas meja agar dapat dilihat dengan baik.

Pergunakanlah distribusi di atas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

Pilihlah pada jawaban yang tepat. Jika Anda memilih warna trump (pada jawaban b), maka berilah lingkaran pada warna yang hendak Anda jadikan sebagai trump.

1.      Distribusi kartu no. 1
  • Apakah Anda bersama dummy mempunyai delapan lembar kartu atau lebih dalam salah satu warna?
  • Macam permainan manakah yang akan Anda pilih?
  • Apakah Anda ingin bermain game atau tidak game?
2.      Distribusi kartu no. 2
  •  Apakah Anda dan partner mempunyai delapan kartu atau lebih?
  • Jenis permainan manakah yang terbaik untuk Anda?
  • Apakah Anda ingin bermain game?
Materi sebelumnya : Cara Memilih Kontrak

No comments:

Post a Comment