Saturday, July 21, 2012

Menentukan Jenis Kontrak


Pelajaran 8

Menentukan jenis permainan dalam Mini Bridge
Untuk macam permaianan manakah kartu Anda cocok? Jika Anda menjadi seorang declarer dan harus memilih jenis permainan yang ingin dijadikan sebagai kontrak akhir maka terlebih dahulu Anda harus melihat kartu-kartu di tangan dummy. Setelah mencocokkan kartu Anda dan kartu dummy barulah kontrak akhir ditetapkan.

Pada pelajaran sebelumnya telah dijelaskan bahwa untuk bermain pada warna trump, pegangan kartu Anda dan dummy harus memiliki paling sedikit delapan lembar dalam satu warna yang akan dijadikan sebagai warna trump. Tetapi jika hanya memiliki tujuh lembar saja atau bahkan kurang maka distribusi kartu tersebut tidak cocok untuk bermain trump.

Jadi untuk bermain trump, Anda bersama dummy paling sedikit memerlukan delapan lembar trump.

Bagaiman dengan permainan Notrump?

Perhatikan contoh berikut ini :
Pada contoh 1, declarer duduk sebagai Selatan tidak dapat menahan serangan lawan dalam warna Spade. Pada distribusi kartu ini, pasangan Utara dan Selatan mempunyai “kebocoran”, walaupun ketiga warna lainnya dilindungi oleh kartu tinggi (honor).

Berbeda dengan contoh 1, pada contoh yang ke-2, pasangan Utara dan Selatan memiliki sejumlah kartu tinggi (honor) di ke-empat warna. Pasangan Utara dan Selatan tidak mempunyai warna yang betul-betul pendek, dengan demikian lawan tidak mudah menyerang salah satu warna mereka.

Jadi jika Anda tidak memiliki warna yang benar-benar panjang atau pendek, tetapi dari semua warna mempunyai sesuatu, maka kita memiliki kartu dengan pembagian rata (balance). Distribusi kartu tersebut disebut sebagai kartu Notrump (NT) atau kartu dengan pembagian NT.

Jika Anda bersama partner, masing-masing memiliki distribusi kartu dengan pembagian NT, maka kartu tersebut cocok untuk bermain kontrak NT. Apalagi bila di semua warna terdapat kartu tinggi.

Untuk dapat bermain NT, maka Anda bersama partner harus mempunyai kartu Notrump

Pada contoh 2, pemain Selatan dapat bermain NT. Bermain trump juga mungkin karena bersama-sama dengan Utara memiliki delapan lembar Diamond. Kartu Utara dan Selatan cocok, baik untuk kontrak Notrump maupun untuk trump (diamond). Dalam hal ini Selatan dapat memilih macam permainan yang akan menghasilkan angka yang paling banyak.

Jenis permainan yang menghasilkan angka tertinggi
Dalam permainan mini bridge, salah satu kunci dalam menentukan kemenangan adalah berusaha untuk mendapatkan angka tertinggi pada distribusi kartu yang sama yang juga dimainkan oleh pasangan-pasangan lainnya. Jadi pada saat menentukan jenis permainan, Anda harus mencoba untuk memilih macam permainan di mana Anda akan mendapatkan skor yang paling tinggi.

Pada table skor, dapat dilihat bahwa warna Major dapat menghasilkan skor yang lebih tinggi daripada warna minor. Jadi kalau salah satu warna Major (Heart atau Spade) dijadikan sebagai warna trump, maka akan mendapatkan 5 angka tambahan, sedangkan pada warna minor Anda akan memperoleh 10 angka pengurangan.

Jadi masih lebih baik memilih warna Major sebagai trump daripada warna minor, hal tersebut jika Anda harus memilih di antara kedua warna tersebut.

Pada kontrak NT, Anda akan mendapatkan tambahan angka yang paling banyak. Tetapi dalam hal ini kontrak NT tidak akan selalu menghasilkan skor yang terbaik. Juga jika Anda bersama partner memiliki kartu yang cocok untuk kontrak NT. Ini disebabkan karena jika Anda bermain trump, pada umumnya Anda dapat membuat satu trik lebih banyak daripada jika bermain NT.

Begitu pula NT, biasanya menghasilkan skor yang lebih baik daripada warna minor. Ini disebabkan karena Anda harus membuat tiga trik lebih banyak jika bermain Diamond atau Club sebagai trump untuk mendapatkan skor yang lebih baik jika bermain Notrump.

Jadi, jika Anda harus memilih sebuah jenis kontrak maka ;
  • Lebih baik bermain dalam warna Major daripada warna minor
  • Lebih baik kontrak dalam warna Major daripada No Trump
  • Lebih baik bermain NT daripada warna minor.
Materi sebelumnya : Cara Mengisi Scoresheet
Materi selanjutnya : Menentukan Kontrak Akhir


No comments:

Post a Comment