Friday, August 12, 2011

Tujuan Penawaran dalam Permainan Bridge


Pelajaran 4
Dalam permainan bridge, bidding atau penawaran merupakan suatu cara berkomunikasi antar partner dengan tujuan seperti berikut: a) Untuk menemukan kontrak terbaik sesuai dengan jumlah point dan distribusi kedua pemain, b) Untuk menentukan kontrak apakah kontrak dalam warna (trump) atau kontrak tanpa warna (Notrump), c) Untuk mendapatkan skor yang terbaik.

Penawaran Trump atau Notrump
Secara umum, kontrak trump dalam warna major merupakan suatu kontrak yang terbaik. Untuk itu anda membutuhkan paling sedikit 8 kartu atau lebih di kedua tangan (anda dan partner). tidak peduli bagaimana pembagian delam kartu tersebut, misalnya anda memegang 5 kartu Heart dan partner memegang 3 kartu dan sebagainya.

Apabila anda dan partner tidak menemukan kecocokan dalam warna major (/), biasanya kontrak akan dialikan ke Notrump. Pada dasarnya kontrak Notrump dilakukan dengan  pegangan kartu yang seimbang atau hampir seimbang (balance) pada kedua tangan. Sedangakan bermain game dalam warna minor merupakan pilihan terakhir jika tidak menemukan kecockokan dalam warna major ataupun kontrak Notrump.

Penawaran Kontrak Game
Yang dimaksud dengan kontrak game adalah kontrak dalam suatu warna (trump) atau notrump yang ditawarkan pada level yaitu: 3NT, 4, 4, 5 dan 5. Mungkin hal ini agak sedikit membingungkan, tetapi pada saat anda belajar bagaimana menghitung skor maka anda akan mengerti apa yang dimaksud dengan kontrak game.

Pada tabel di bawah ini ditunjukkan jumlah atau gabungan point (anda dan partner) untuk melakukan penawaran hingga kontrak game :


Perhatikan bahwa warna minor membutuhkan lebih banyak total point untuk mencapai kontrak game karena harus memenangkan paling sedikit 11 trik. Inilah alasannya mengapa kontrak minor menjadi pilihan terakhir dalam menentukan sebuah kontrak game.

 > Jawaban atas pembukaan 1NT

Misalkan partner anda melakukan penawaran pembuka dengan 1NT dan lawan sebelah kiri pass. Pada tahap ini anda akan disebut sebagai Responder, karena tawaran yang akan anda lakukan adalah untuk memberikan jawaban atas pembukaan partner.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kontrak manakah yang terbaik, apakah dalah warna major atau notrump. Apakah anda dan partner memegang 8 kartu major atau lebih? Pastikan juga bahwa pembukaan 1NT dari partner menjanjikan pegangan kartu seimbang (balance) sehingga ia setidaknya memegang 2 kartu pada setiap warna.

Tahap berikutnya adalah mempertimbangkan tawaran permainan. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan point anda dengan point partner (15-17). Apakah point anda dan partner mencapai 26 point? Ingatlah selalu total point sebelum memutuskan langkah berikutnya.

Pada pelajaran awal ini, kita akan belajar  dasar jawaban atas pembukaan 1NT. Anda akan mempelajari jawaban lanjutannya pada pelajaran berikutnya.

Memberi Jawaban dengan warna Major
Sebelum memberikan jawaban dengan warna major atas pembukaan 1NT menjanjikan pegangan 6 kartu major pada warna yang ditawarkan serta menjanjikan sejumlah point sesuai urutan penawaran.

>Jawaban dengan 0-7 point
Dengan 0 - 7 point, Responder harus menawarkan warna major pada tingkat dua. Selanjutnya, partner sebagai pembuka 1NT harus pass karena total point tidak mencukupi untuk bid game (0-7 + 18 = paling banyak hanya 25 point). Mungkin kontrak ini akan gagal tetapi kontrak ini lebih baik daripada kontrak notrump.

>Jawaban dengan 8 - 9 point
Dengan 8-9 point (cukup untuk bid game, 8 + 18 = 26 point), Responder bid warna major yang panjang pada tingkat tiga. Tawaran ini memiliki bermaksud untuk mengajak partner bid game bila memegang maksimum opening bid (18 point).Sedangkan jika Responder memiliki point 10 - 14, dapat melakukan tawaran game yaitu bid pada tingat empat.

Jawaban atas pembukaan 1NT diringkas seperti tabel berikut :

Point
Warna Terpanjang
Jawaban
1 - 7
5+ kartu /
2 / 2
8 - 9
5+ kartu /
3 / 3
10 - 14
6+ kartu /
4 / 4





Setelah responder memberikan jawaban 3/, maka opener boleh bid pass jika memegang minimal point (16 point), tetapi dengan maksimum point (18 point) opener harus menaikkan penawaran hingga ke tingkat game (4/4). Selanjutnya, bagaimana bila opener hanya memiliki 17 point? Jika demikian, opener dapat melakukan analisa pegangan. Apakah memegang distribusi bagus atau jelek, jika pegangan kartu bagus, maka dapat distribusi tersebut dapat dikategorikan dalam maksimum pegangan demikian sebaliknya.

Ringkasan jawaban warna major atas pembukaan 1NT

                Opener            Responder
                1NT        -        2/ : Memegang 5+ kartu / dengan 0 – 7 point
                                       3/ : Memegang  5+ kartu / dengan 8 – 9 point, invitational
                                       4/ : Memegang 6+ kartu / dengan 10 -14 point.
                                               
Jawaban Notrump atas pembukaan 1NT
Jika responder tidak memliki 6 kartu dalam warna major, maka hal dilakukannya adalah dengan menghitung point yang dimilikinya. Jika anda memiliki 0-7 point, maka penawaran atau bid anda adalah pass. Mengapa pass? Karena jumlah total point yang anda dan partner miliki tidak cukup untuk melakukan penawaran hingga level game ( 0/7 + 18 = 18/25 point). Jika anda bid pass maka kontrak 1NT akan menjadi kontrak akhir.


Jika memegang memiliki 8-9 point, penawaran yang anda lakukan adalah 2NT. Tawaran ini disebut sebagai tawaran mengundang (invite) yang bermaksud mengajak opener untuk bid hingga level game (bid 3NT) bila memegang maksimum point (17/18 point). Tetapi bila  memegang minimum opening (16 point) partner pass saja dan kontrak 2NT adalah kontrak akhir.

Dengan pegangan 10 – 14 point, anda dapat menaikkan penawaran hingga level 3 atau game 3NT, karena dengan minimal 10 point + minimum opening 16 = 26 point, lebih dari cukup untuk bermain kontrak game.

Ringkasan jawaban notrump atas pembukaan 1NT :
Opener              Responder
 1NT        -         Pass: 0 – 7 point
                         2NT : 8 – 9 point, invite ke 3NT
                         3NT : 10 – 14 point, to play

Materi berikutnya : Pelajaran  5
Materi sebelumnya : Pelajaran 3

No comments:

Post a Comment