Saturday, August 13, 2011

Software Belajar Bridge dengan Komputer Gratis


Software Gratis Belajar Bridge dengan Komputer

Setelah usai mengikuti PON XV di Surabaya, rekan-rekan kantor meminta saya untuk mengajari permainan bridge. Saya tidak bisa mengelak dan dengan senang hati mengajari mereka. Untuk menambah bahan latihan, iseng-iseng saya mencarinya di Internet. Saya cari ke ACBL, dan teman saya, Fred Gitelman melalui email. Pucuk dicinta ulampun tiba, begitulah kata pepatah, saya mendapatkan software pembelajaran beridge yang sangat baik, yaitu Learen to Play Bridge (LTPB).

Software LTPB adalah hasil kerja sama antara American Contrak Bridge League (ACBL), yaitu organisasi bridge Negara Paman Sam, dengan Bridge Base Inc. pimpinan Fred Gitelman, sebuah perusahaan yang menjadi leader dalam pengembangan software untuk pembelajaran bridge. Para penggemar bridge tentu sudah mengenal Bridge Master dan BBO yang merupakan dua produk Bridge Base Inc. yang sangat tersohor di seantero jagat.

LTPB terdiri atas dua seri. Seri pertama adalah adalah software pembelajaran bagi yang baru mulai bermain bridge. Cara bermain dan konsep tentang trick dijelaskan dengan sangat sederhana sehingga bisa dimengerti oleh orang awam sekalipun. Demikian juga dengan konsep lainnya seperti truf, kewajiban ikut suit, tentang penawaran, tawaran paksaan dan sebagainya.

Bila Anda sedang bermain bridge, memainkan kartu untuk 1 trik adalah dengan meletakannya di atas meja. Setiap pemain memegang 13 kartu, dan setiap pemain akan memainkan satu kartu untuk setiap trik, jadi ada 13 trik dalam setiap permainan bridge. Literatur bridge menyatakannya sebagai trik 1, trik  2,……, trick 13.

Keunggulan program computer ini bila dibandingkan dengan buku bridge adalah program ini bisa membuat animasi sehingga kita seolah-olah sedang menonton permainan yang sesungguhnya. Di samping itu, program ini juga dilengkapi denagn suara dan teks yang sangat membantu serta penjelasan mengenai istilah bridge yang masih terdengar asing bagi para pemula. Di samping materi-materi di atas, LTPB juga dilengkapi dengan review dan soal-soal latihan dan tidak ketinggalan sejumlah 21 soal dari Bridge Master.

Berbeda dengan literature bridge yang umumnya mengawali pelajaran bridge dengan cara penawaran, program ini membalikkan cara tersebut. Pelajaran LTPB didahului oleh konsep permainan kartu, dan jika semuanya sudah dipahami, barulah pelajaran penawaran diperkenalkan. Tidak mengherankan bila sistem penawaran yang diperkenalkan adalah American Standar dengan 5 kartu major. Sistem penawaran dalam permainan bridge dibahas secara sederhana dan mudah dipahami. Pembahasannya lebih mengutamakan pada pencarian fit 8 kartu major dan 3NT, daripada mencari game di warna minor, hal yang sama dengan sistem lainnya.

LTPB 1, pelajaran bermain bridge  lebih diutamakan pada konsep Dasar Bridge, Declarer dan Bidding. Sementara konsep bertahan hanya dibahas sedikit saja. Konsep bertahan dapat dipelajari dalam LTPB 2. LTPB 1 dan 2 telah diunduh oleh puluhan orang di seluruh dunia. Anda juga bisa mendownload software gratis ini di www.abcl.com. Caranya : Pilih menu Free Lesson Software, kemudian masukan data dan alamat email Anda untuk korespondensi dengan ACBL. Selanjutnya Anda akan menerima email balasan. Buka email  Anda, kemudian klik link seperti gambar berikut :

Cara download software belajar bridge gratis
Kunjungi situs : www.abcl.com
Masukan nama dan alamat email kemudian klik kirim (submit) :
Selanjutnya Anda akan menerima email balasan untuk mendownload software tersebut.
Segera buka email Anda, karena link tersebut hanya berlaku selama 48 jam dihitung dari waktu pendaftaran.

Contoh email yang akan Anda terima.
Silahkan buka email tersbut dengan cara klik kiri, maka anda akan melihat tampilan berikut :

Klik link seperti pada contoh gambar.
Selanjutnya Anda akan dibawa pada halaman  download, seperti berikut :

Pada halaman ini, Anda dapat download software belajar bermain bridge.
Caranya, cukup dengan klik kiri seperti contoh gambar.

LTPB memberikan jaminan, bahwa setelah Anda menyelesaikan pelajaran bridge dengan program ini, Anda akan menjadi pemain dengan kemampuan di atas rata-rata. Sebuah harapan yang cukup tinggi dan Anda harus membuktikan. Selamat bermain dan salam sukses!

Sumber: Majalah Bridge Indonesia, by Syahrial Ali

No comments:

Post a Comment