Tuesday, August 9, 2011

Cara Bermain Bridge - Play

Pelajaran 2
Cara Bermain Bridge 
Setelah penawaran telah disepakati dan kontrak akhir ditetapkan, maka tahap berikutnya adalah memainkan kontrak tersebut. Dalam permainan bridge, tahap ini disebut Play, di mana seorang deklarer (pemengan kontrak) akan berusaha untuk mendapatkan sejumlah trik sesuai kontrak akhir, sedangkan pihak lawan atau defender akan berusaha untuk menggugurkan kontrak tersebut.

Mengikuti warna
Bila seorang pemain telah memainkan suatu warna  (lead), maka pemain yang lainnya harus memainkan kartu dari warna yang sama. Hal ini disebut dengan mengikuti warna atau dalam bahasa kerennya disebut following suit.

Following suit merupakan suatu keharusan, tetapi bila anda tidak lagi memiliki kartu pada warna yang sedang dimainkan, maka anda dapat menentukan sendiri kartu apa yang anda ingin dimainkan. Dalam permainan bridge istilah ini disebut discard.

Lead Pembuka
Lead pembuka atau opening lead dilakukan pada saat kontrak akhir telah disepakati oleh salah satu pasangan bermain. Pemain yang berhak melakukan opening lead adalah pemain yang duduk di sebelah kiri dari deklarer (pemenang kontrak)

Sedangkan pengertian lead selanjutnya adalah pemain yang telah memenangkan sebuat trik, berhak untuk memainkan kartu dari suatu warna tertentu sesuai dengan keinginannya dan dimainkan pada putaran berikutnya.

Deklarer dan Dummy
Deklarer adalah seorang pemain yang memenangkan sebuah penawaran atau lelang yang dilakukan melalui suatu penawaran. Sedangkan Dummy adalah pasangan bermain dari Deklarer (pemenang kontrak). Jadi setelah lawan yang diduduk disebelah kiri deklarer telah memainkan dan meletakkan kartu (lead pembuka)  maka Dummy meletakkan kartunya secara terbuka di atas meja dan disusun sesuai urutan warna yaitu mulai dari besar ke kecil. Kartu tersebut disusun secara rapi agar memudahkan bagi pemain lainnya untuk melihat distribusi kartu-kartu tersebut.

Susunan kartu ditempatkan secara rapi dan dimulai dari kartu Spade-Heart-Diamond-Club bila kontrak tanpa trump. Jika kontrak adalah trump, maka warna trump yang terlebih dahulu diletakkan di sebelah kanan (jika dilihat dari dummy) dan kartu selanjutnya menurut urutan seperti di atas.

Pemain yang menjadi dummy tidak boleh memainkan suatu kartu bila tidak diperintahkan oleh deklarer. Deklarer akan mengatakan kartu mana yang harus dimainkan di dummy. Dummy hanya boleh mendengarkan dan memainkan kartu yang disebutkan oleh Deklarer.

Trik
Jika semua pemain telah memainkan suatu kartu dalam satu putaran, maka  hal tersebut disebut sebagai trik. Pemain yang memainkan kartu yang tertinggi akan memenangkan trik. Pemenang trik kemudian meletakkan kartu tersebut secara tegak di atas meja, sedangkan kartu kalah diletakkan secara mendatar.

Akhir permainan
Setelah 13 kartu telah selesai dimainkan maka permainan pun berakhir. Kedua belah pihak harus menyetujui jumlah trik yang dimenangkan oleh declarer dan tahap selanjutnya adalah menghitung skor. Untuk menghitung skor dapat melihat lampiran skoring yang tersedia, tetapi saran saya biarkan pemain lain yang menghitung skornya sedangkan anda telus belajar bermain.

Pelajaran 3 : Bahasa Penawaran
Pelajaran 1 :

Diterjemahkan dari: http://rpbridge.net 

1 comment:

  1. Terima kasih penjelasan anda, saya ingin tehnik play ketika deklarer memainkan kartunya

    ReplyDelete