Tuesday, August 9, 2011

Belajar Bermain Kontrak Bridge

Pelajaran 1
Pengenalan
Kontrak bridge adalah sebuah permainan kartu yang digemari oleh jutaan orang di seluruh dunia dan merupakan permainan kartu yang lain daripada jenis hiburan kartu lainnya. Bridge sering dimainkan dalam lingkungan pergaulan yang hobby dengan permainan kartu. Permainan ini sering dilakukan secara santai bersama dengan teman-teman sekerja, kolega ataupun dilakukan secara serius dalam sebuah klub atau pertandingan bridge. Permainan ini merupakan permainan yang menarik, menantang dan menyenangkan.

Sejarah singkat
Lebih dari 400 tahun yang lalu permainan Whist ditemukan di Inggris. Kemudian pada tahun 1896, permainan ini berkembang menjadi Bridge Whist dan selanjutnya pada tahun 1904 terus berkembang menjadi Bridge Auction (Bridge lelang). Pada tahun 1925, Harold Vanderbilt melakukan perbaikkan tentang sistem penawaran sehingga lahirlah Kontrak Bridge seperti yang kita kenal sekarang ini.

Pada awalnya permainan kontrak bridge masih sedikit peminatnya tetapi mulai tahun 1930, Kontrak Bridge telah menjadi paling populer dari jenis permainan kartu lainnya. Bahkan ketik orang berbicara atau menulis tentang bridge, itu dianggap sebagai Kontrak Bridge. Kontrak Bridge merupakan permainan kartu terbesar yang pernah ditemukan dan dikembangkan hingga saat ini.

Mengapa Kontrak Bridge Populer?
Beberapa hal yang membuat olahraga bridge populer dikalangan masyarakat antara seperti: (1) Permainan kartu ini merupakan permainan idela dalam menjamu para tamu undangan, (2) Permainan bridge dapat dilakukan dimana saja dan mudah menyesuaikan dengan berbagai situasi seperti acara makan malam, pesta, klub bridg, ataupun dalam pertandingan bridge, (3) Dengan bermain bridge seseorang akan menemui berbagai hal yang positif, baik untuk bertemu dengan berbagai orang dan mendapatkan teman baru, seorang pemain bridge dapat bergabung dengan klub bridge hampir diselurh tempat di dunia, (4) Permainan bridge sangat menarik seperti dalam membahas tentang sususan atau distribusi kartu (problem) bersama seorang teman, dan hal ini sangat menantang dan menarik.

PENDAHULUAN

Jumlah Pemain Bridge
Permainan bridge dimainkan secara berpasangan dan dilakukan oleh empat orang, dimana sepasang pemain lainnya merupakan lawan tanding. Lima atau enam orang dapat berpartisipasi di meja bridege yang sama tetapi hanya empat orang yang bermain dalam satu ronde atau sesion.

Kartu
Dalam permainan bridge digunakan satu set kartu (tanpa joker) yang berjumlah 52 lembar. Dalam permainan bridge, biasanya digunakan 2 set kartu, di mana sementara satu set kartu sedang dimainkan, satu set kartu lainnya dikocok oleh pemain lainnya dan diletakan disamping kiri pemain lawan menunggu  untuk dibagikan pada permainan berikutnya.

Warna
Setiap satu set kartu memiliki empat simbol. Simbol ini disebut dengan warna atau dalam istilah bridge disebut suit. Adapun masing-masing suit ini sesuai dengan urutan tertinggi adalah Spade, Heart, Diamond, dan Club. Suit sering ditulis dengan lambang atau simbol seperti: . Warna Spade dan Heart sering disebut juga sebagai suit Major, sedangkan warna Diamond dan Club disebut dengan suit Minor.

Urutan Kartu
Setiap warna terdiri atas 13 kartu. Jadi dalam suatu permainan bridge memiliki 4 x 13 kartu = 52 lembar. Urutan kartu tersebut mulai dari besar hingga terkecil adalah: Ace,King,Queen,sepuluh, sembilan, delapan, tujuh, enam, lima, empat, tiga, dan dua atau disingkat sebagai: A, K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5,4, 3, 2.

Partner
Bermain bridge dilakukan bersama dengan seorang mitra atau partner. Partner adalah pemain yang duduk berhadapan dengan anda. Anda dan partner merupakan suatu Pasangan bermain.

Kedua pemain dari suatu pasangan berada di pihak yang sama. Jika anda membuat suatu trik maka trik tersebut juga milik partner demikian sebaliknya. Trik menang diletakan secara tegak lurus diatas meja, sedangkan trik kalah diletakan secara mendatar.

Arah Meja
Di meja bridge, keempat pemain bridge  akan disebut sebagai pemain Utara (U), Timur (T), Selatan (S) dan Barat (T). Pemain yang duduk disebelah Utara bermitra atau berpasangan dengan pemain yang duduk di arah Selatan, sedangkan pemain pemain Timur berpasangan dengan pemain Barat.

Membagi kartu
Sebelum kartu dibagikan, terlebih dahulu dikocok dan kemudian seorang pemain (dealer) akan membagikan kartu satu demi satu kepada setiap pemain secara berputurar searah jarum jam. Pemain tidak boleh mengambil atau menyentuh kartu hingga pembagian kartu selesai. Jika kartu telah selesai dibagikan, setiap pemain dapat mengambil ke 13 kartunya sendiri kemudian menyusun sesuai dengan urutan yang benar.

Putaran permainan
Seluruh permainan bridge dilakukan secara berputar searah jarum jam seperti memasukan kartu dalam board, giliran melakukan penawaran atau bidding serta giliran bermain suatu kartu.

Menyusun kartu
Ke 13 kartu yang telah anda miliki, disusun sesuai dengan warna dan urutan yang benar dan jangan menyusun dua warna merah atau dua warna hitam secara bersebelahan tetapi disusun terpisah seperti spade-heart-diamond-club.

Nila Kartu Tinggi (High Card Point atau HCP)
Kartu-kartu berikut, dalam permainan bridge mempunyai nilai khusus yaitu: Ace = 4 point, King = 3 point, Queen = 2 point dan Jack = 1 point sedangkan kartu 10 hingga 2 tidak memiliki HCP. Jadi total point adalah 10 x 4 warna = 40 point.

Sebelum melakukan penawaran, kedua pasangan terlebih dahulu menghitung jumlah point yang dimiikinya. Selanjutnya penawaran dilakukan sesuai dengan sistem penawaran yang disepakati untuk menentukan kontrak akhir. Kontrak akhir disesuaikan dengan jumlah point dan distribusi atau kondisi warna yang dimiliki oleh kedua pasangan (kombinasi point dan warna).

Pelajaran 2 : Cara bermain bridge

Diterjemahkan dari : http://www.rpbridge.net/

No comments:

Post a Comment