Sunday, July 8, 2012

Partnership

Pelajaran 2

Bermain dengan Partner
Permainan bridge adalah permainan pasangan artinya permainan dilakukan bersama dengan seorang teman atau PARTNER. Partner adalah pemain yang duduk secara berhadap-hadapan dengan Anda. Bersama partner, kalian akan disebut sebagai suatu Pasangan bermain.

Kedua pemain dari suatu pasangan berada di pihak yang sama. Artinya jika Anda membuat suatu trik maka trik tersebut juga dimiliki oleh partner Anda dan sebaliknya jika partner membuat suatu trik maka trik tersebut adalah milik anda.Dengan demikian Anda bersama partner juga meletakan kartu menang secara tegak lurus di atas meja dan atau meletakan kartu kalah secara mendatar.



Arah Utara, Timur, Selatan, dan Barat
Pada permainan mini bridge, masing-masing pemain akan disebut sesuai dengan arah mata angin. Adapun ke-empat pemain ini akan disebut sebagai Utara (U), Timur (T), Selatan (S) dan Barat (B).

Pemain yang duduk disebelah Utara berpasangan (partner) dengan pemain yang duduk di Selatan, sedangkan pemain yang duduk di arah Timur berpasangan dengan pemain Barat.

Petunjuk Permainan

Anda bersama dengan partner berusaha untuk mendapatkan trik sebanyak mungkin. Untuk itu, setiap pemain harus memperhatikan dengan betul kartu apa saja yang telah dimainkan baik oleh partner maupun oleh lawan.

K
U

Q  B          T  3

S
A 2
Perhatikan diagram di atas!
Anda duduk sebagai Selatan dan tentu saja partner anda sebagai Utara. Pada trik ini, pemain Barat mulai memainkan kartu dengan Q dan partner anda main K dan Timur 3. Pada giliran Anda bermain, jangan sekali-kali memainkan A. Jika pada trik ini Anda main A maka kalian hanya akan membuat satu trik dari warna Heart. Oleh sebag itu Anda harus memainkan 2 dan nanti pada kesempatan berikutnya Anda boleh memainkan A untuk membuat satu trik lagi. Dengan cara main seperti ini, maka Anda bersama partner akan membuat 2 trik pada warna Heart, yaitu satu trikdari K dan satu trik lagi dari A.

Pertanyaan

1. Jika Anda mendapat giliran sebagai Pembagi Kartu, kepada siapakah Anda akan membagikan kartu untuk pertama kalinya?
a. Anda sendiri
b. Pemain sebelah kiri 
c. Pemain sebelah kanan

2. Setelah kartu-kartu dibagikan, Anda memperoleh empat kartu spade. Kemudian Anda menyusunnya seperti berikut : A-J-Q-7. Apakah cara menyusun kartu tersebut sudah benar?
a. Ya                    b. Tidak                     

3. Partner Anda duduk sebagai Utara memainkan kartu Q. Pemain sebelah kanan Anda (Timur) main K, dan Anda memegang kartu A73.

Q
U

B              T K

S
A73

Kartu manakah yang sebaiknya Anda mainkan ?
a. A                            b. 3

4. Partner Anda duduk di Utara dan memainkan kartu K. Pemain Timur main 2. Anda memegang kartu A73.

K
U
B            T 2

  A72

Kartu apakah yang sebaiknya Anda mainkan?
a. A          b. 3       

Materi sebelumnya : Dasar-dasar Mini Bridge

Pelajaran 3 : Deklarer vs Defender

No comments:

Post a Comment