Monday, July 9, 2012

Deklarer vs Defender

Pelajaran 3

Nilai Kartu Tinggi (High Card Point)

Dalam permainan mini bridge, kartu-kartu berikut mempunyai nilai khusus yaitu :

Ace = 4 poin
King = 3 poin
Queen = 2 poin
Jack = 1 poin


Pasangan bermain dan Pasangan bertahan (defender)
Sebelum bermain, semua pemain minibridge harus menghitung High Card Point (HCP) dari masing-masing kartunya. Selanjutnya setiap pemain memberitahukan jumlah poin yang dimilikinya dan bagi pasangan yang memiliki jumlah poin tertinggi akan menjadi pasangan bermain sedangkan pasangan lainnya akan menjadi defender atau pembela.



Jumlah seluruh poin dalam permainan mini bridge adalah 40 HCP dan pasangan yang memiliki poin yang lebih dari 20 HCP akan menjadi pasangan yang bermain. Jika kedua pasangan memiliki jumlah HCP yang sama (masing-masing 20 poin), maka kartu dapat dikocok dan dibagi ulang.

Declarer dan Dummy
Dari pasangan bermain, pemain dengan poin yang lebih banyak menjadi deklarer dan partnernya akan disebut sebagai dummy. Tetapi jika kedua pemain ini memiliki poin yang sama, maka mereka boleh menentukan siapa di antara mereka berdua yang akan menjadi deklare atau dummy.

Kartu Dummy diletakan di atas meja
Setelah kedua pasangan telah menentukan siapa yang menjadi declarer atau dummy, maka selanjutnya kartu-kartu dummy diletakan di atas meja permainan secara terbuka dan disusun sesuai warna dengan urutan dari rangkin tertinggi hingga terendah.

Selanjutnya pemain yang bertindak sebagai deklarer akan memerintahkan kartu apa yang harus di mainkan di dummy. Pemain dummy hanya boleh mendengarkan dan memainkan kartu yang disebut oleh deklarer.

Jumlah trik yang harus didapatkan
Pasangan bermain memiliki HCP yang lebih banyak, oleh sebab itu deklarer harus mendapatkan lebih banyak trik dari pasangan bertahan. Artinya paling sedikit harus ada 7 trik. Jika deklarer berhsil mendapatkan tujuh trik atau lebih, maka pasangan bermain akan mendapatkan angka plus. Tetapi jika tidak berhasil, maka pasangan bertahan yang mendapatkan nilai sedangkan pasangan bermain memperoleh angka minus.

Opening Lead
Opening lead (lead pembuka) atau memainkan kartu pada trik pertama dilakukan oleh pemain yang duduk di sebelah kiri pemain yang menjadi deklarer.

Mengalami Down
Jika seorang deklarer tidak mendapatkan trik yang cukup (kurang dari tujuh), maka ia mengalami DOWN. Untuk itu pemain pembela atau bertahan akan berusaha agar deklarer mengalami down dengan mendapatkan trick down sebanyak mungkin.

Mendapatkan Skor
Dalam setiap permainan, Anda mempunyai kemungkinan untuk mendapatkan angka dan hal ini disebut skor. Jika deklarer mendapatkan trik menang dan pihak lawan mendapatkan sepuluh angka per trik menang dan pihak lawan mendapatkan skor minus. Dengan demikian jika pemain U-S mendapatkan +70 maka pasangan T-B akan mendapatkan -70.

Jika deklarer tidak mendapatkan trik yang cukup, maka pihak yang bermain mengalami down. Padangan bermain (U-S) mendapatkan 50 angka minus untuk setiap trik down, dan pasangan bertahan (T-B) mendapatkan 50 angka plus. Jika U-S down dua, maka U-S mendapatkan -100 dan T-B memperoleh +100 poin.

Tabel skor
  • Deklarer mendapatkan cukup trik (tujuh trik atau lebih) akan mendapatkan 10 angka plus setiap trik menang.
  • Deklarer tidak mendapatkan cukup trik, memperoleh 50 angka minus untuk setiap trik down (trik kalah).
Cat : Pasangan lawan mendapatkan kebalikan dari skor deklarer.

Pertanyaan

1. Berapa nilai kartu tertinggi (high card) dalam setiap warna?
2. Berapakah jumlah HCP yang  terdapat dalam satu set kartu?
3. Anda duduk disebelah Barat dan mendapatkan kartu seperti berikut :

    AK65
    ♥ Q2
    ♦ KJ532
    ♣ A8

Berapa jumlah HCP anda?

4. Dalam suatu permainan, Anda duduk di Timur. Anda memiliki 12 HCP. Partner Anda yang duduk di Barat memiliki 9 HCP. Pemain Selatan mempunyai 14 HCP. Berapa jumlah HCP di Utara?

5. Siapa yang menjadi deklarer pada pertanyaan no. 4 di atas?
a. Anda
b. Partner
c. Selatan
d. Utara

6. Jika dalam suatu permainan, Utara bertindak sebagai deklarer. Siapa yang boleh mengeluarkan (memainkan) kartu pertama?
a. Timur        b. Barat

Materi sebelumnya : Pelajaran 2
Materi selanjutnya : Pelajaran 4

No comments:

Post a Comment