Thursday, July 12, 2012

Membuat Trik

Pelajaran 4

Membuat Trik dengan Warna Panjang

Membuat trik dengan kartu tinggi seperti Ace dan King sudah umum dan semua pemain dapat melakukannya. Tetapi tidak semua pemain mini bridge yang mampu membuat trik dengan kartu-kartu rendah atau kecil. Untuk melakukannya, pemain harus bermain cerdik dan pahan teknik permainannya.

Perhatikan di warna manakan kartu Anda bersam Dummy yang mempunyai kartu yang lebih banyak atau lebih panjang dari lawan, paling sedikit jumlah warna tersebut 7 kartu. Adalah lebih baik jika memiliki 8 atau 9 kartu. Ini disebut sebagai warna panjang. Kuncinya adalah memainkan warna panjang berulang kali, sampai lawan tidak lagi mempunyai kartu dalam warna tersebut. Dengan demikian kartu kecil yang Anda miliki dalam warna tersebut akan menjadi sebagai kartu menang atau kartu bebas.



Contoh :
4 3 2
U

A 9 B                 T.  J 10

S
AK8765

Anda duduk sebagai pemain Selatan, jika pada warna ini Anda memainkan A dan K, maka kartu sisa setelah dua trik tersebut adalah seperti berikut :

4
U

...                 T.  ...

S
8765
Timur dan Barat tidak mempunyai warna Spade lagi. Ini berarti bahwa kartu 8, 7, 6, dan 5 sudah menjadi kartu bebas atau kartu menang. Dengan demikian pada warna ini Anda bisa membuat 6 trik yaitu ; 2 trik dari kartu tinggi (A dan K) dan 4 trik dari kartu rendah (8, 7, 6, 5).
Menghitung sampai 13
Karena Anda sudah mengetahui bahwa setiap warna terdiri dari tiga belas kartu, maka Anda dapat menghitung berapa kartu yang dipegang oleh lawan. Anda perhatikan dengan baik, kartu apa yang dimainkan, amak Anda selam permainan akan mengetahui apakah warna panjang Anda sudah bebas atau tidak.
Contoh 2 :

4 3 2
U

? ? B                 T.  ? ?

S
AK8765
Pada diagram di atas, Anda dapat menghitung bahwa pasangan T-Bmemiliki 5 kartu dalam warna spade. Jika Timur dan Barat ikut spade pada dua trik pertama dalam warna spade, maka jumlah kartu spade yang dimainkan dimainkan oleh lawan adalah 4 kartu. Dengan demikian tinggal satu kartu spade lagi yang dimiliki pasangan T-B. Jadi, dengan memainkan spade sekali lagi, maka warna ini menjadi bebas, dan dengan sendirinya kartu 6 dan 7 sekarang menjadi bebas. Dengan kartu kecil tersebut Anda dapat membuat 2 trik tambahan pada kesempatan berikutnya.

Petunjuk bermain :
  1. Bebaskan dulu warna panjang Anda
  2. Untuk membebaskan warna panjang, hitunglah sampai 13. Dengan demikian Anda dapat mengetahui dengan tepat, berapa kartu dari warna panjang Anda yang dimiliki oleh lawan.
Pertanyaan :

Susunlah satu pak kartu dan atur distribusi kartunya dan letakkan di atas meja seperti contoh di bawah ini :

DUMMY 
K85 
J92
76
KQJ64

BARAT                               TIMUR 
J92                                Q1076
K8753                                  A4
AJ5                                     9832
A7                                    1082

SELATAN 
A43
Q106
KQ104
953

  1. Berapa HCP yang dimiliki pemain Utara?
  2. Berapa HCP yang dimiiki pemain Timur?
  3. Berapa HCP yang dimiliki pemain Selatan?
  4. Berapa HCP yang dimiliki pemain Barat?
  5. Siapa yang menjadi sebagai Deklarer?
  6. Kartu yang sebaiknya dimainkan oleh Barat sebagai Lead Pembuka?
  7. Berapa trik yang dapat dibuat oleh Deklarer dari warna Club?
  8. Jika Selatan mendapatkan trik, warna manakah yang sebaiknya dimainkan?
Materi sebelumnya : Pelajaran 3
Materi selanjutnya : Pelajaran 5

No comments:

Post a Comment