Thursday, July 19, 2012

Aturan Mini Bridge

Gambaran singkat permainan Mini Bridge

Mini Bridge adalah salah satu permainan yang menggunakan satu pak kartu tanpa joker (52 kartu)  yang juga sering digunakan dalam permainan remi dan dimainkan oleh empat orang. Ke-empat pemain ini terbagi atas dua pasangan atau mitra. Sedangkan tujuan dalam permainan ini adalah setiap pasangan berusaha untuk mendapatkankan atau memenangkan trik sebanyak mungkin dalam setiap game.


Dalam Mini Bridge, permainan dimainkan secara berpasangan atau bermitra dan setiap pasangan atau mitra akan dinyatakan sesuai arah tempat duduk dan akan disebut sebagai pemain Utara, Timur, Selatan dan Barat. Pemain yang duduk berhadap-hadapan adalah mitra, di mana pemain Utara akan berpasangan dengan pemain Selatan (US) dan pemain Timur berpasangan dengan Barat (TB). Jadi pasangan US akan bermain melawan pasangan TB.

Untuk memulai permainan, maka pemain yang duduk di sebelah Utara akan membagikan kartu satu per satu secara tertutup di atas meja kepada ke-empat pemain. Pemain yang membagikan kartu disebut sebagai “dealer” dan cara pembagian kartu dilakukan berputar searah jarum jam. Setelah semua kartu selesai dibagikan maka setiap pemain mengambil kartunya masin-masing dan di susun sesuai warna dan urutan yang benar.

Deal
  • Pemain yang duduk disebelah kanan pembagi (dealer) akan mengocok kartu.
  • Pemain yang bertugas untuk membagikan kartu akan disebut sebagai dealer dan kartu dibagikan satu persatu searah jarum jam.
  • Kartu dibagikan satu persatu hingga setiap pemain memiliki 13 kartu di tangan mereka.
  • Semua pemain tidak boleh mengambil kartu sebelum semuanya selesai dibagikan.
  •  Setelah permainan selesai maka yang akan membagikan kartu berikutnya adalah pemain yang duduk di sebelah kiri dealer. Dengan demikian semua pemain akan mendapatkan giliran yang sama untuk mengocok dan membagikan kartu.
Catatan : Pada umumnya bermain mini bridge menggunakan dua pak kartu di mana sementara dealer membagikan kartu, satu pak kartu yang lain dikocok oleh mitra dan diletakan disebelah kanannya. Dengan demikian setelah permainan selesai maka kartu tersebut dapat langsung dibagi oleh pemain pembagi (dealer) berikutnya, demikian seterusnya. Dengan melalukan hal tersebut maka akan menghemat waktu.
   
Setelah semua kartu telah selesai dibagikan, setiap pemain mengambil kartunya kemudian menyusunya sesuai warna dan akan lebih mudah bila menyusunnya dengan cara selang seling seperti Spade-Heart-Club-Diamond (hitam-merah-hitam-merah). Dengan menyusun kartu seperti di atas maka setiap pemain akan lebih mudah untuk mengontrol dan memainkan kartu-kartunya selama permainan berlangsung.

Ingat, tujuan permainan mini bridge adalah untuk memenangkan trik sebanyak mungkin bagi pasangan Anda.

Setelah kartu-kartu selesai dibagikan, maka kartu pertama yang dimainkan dalam setiap trik akan disebut dengan istilah “lead” . Jadi setelah seorang pemain memainkan sebuah kartu (lead) maka ke-3 pemain lainnya harus memainkan kartu dari warna yang di lead. Misalnya kartu Spade yang dimainkan, maka pada trik ini Anda juga harus memainkan  warna Spade dan tidak boleh memainkan kartu lain. Dalam Mini Bridge, ini dikenal sebagai Following Suit atau mengikuti warna. Tetapi jika Anda sudah tidak memiliki warna dari kartu yang dimainkan Anda boleh memilih kartu dari warna yang lain. Setelah ke-4 pemain selesai memainkan satu putaran, maka trik ini selesai dan aturan untuk menentukan pemenang pada putaran ini adalah :

Pada umumnya kartu yang akan memenangkan trik adalah kartu yang rangkingnya paling tinggi, kecuali jika permainan menggunakan kartu trump maka kartu trump inilah yang menjadi sebagai kartu yang menang.

Setelah satu trik selesai, masing-masing pemain mengumpulkan kartu mereka sendiri. Setiap pemain meletakan kartunya di atas meja samping kanan. Kartu menang diletakkan secara tegak lurus sedangkan kartu kalah diletakan secara mendatar di tepi meja.

Pemain yang memenangkan trik berhak untuk menentukan kartu apa yang akan dimainkan pada putaran berikutnya, demikianlah cara bermain mini bridge hingga ke-13 trik selesai.

Menentukan Trump

Trump ditentukan oleh declarer, sedangkan pemain yang berhak menjadi declarer adalah pemain dari salah satu pasangan yang mempunyai poin tertinggi. Dalam Mini Bridge, masing-masing warna memiliki poin tersendiri. Adapun poin tersebut adalah :

Alpha
Ace 4 poin
King 3 poin
Queen 2 poin
Jack 1 poin

Masing-masing warna memiliki 10 poin, jadi total poin dari ke empat warna adalah 40 poin. Adapun kartu-kartu tersebut akan disebut sebagai kartu “honor”.

Setelah kartu-kartu selesai dibagikan, setiap pemain menghitung poinnya kemudian setiap pemain akan mengumumkan jumlah poinnya dimulai dari dealer dan berputar searah jarum jam. (Total dari semua empat tangan harus  ada 40 poin jika tidak harus dihitung ulang).

Pasangan dengan poin tertinggi akan menjadi sebagai pasangan bermain dan pemain yang memiliki poin tertinggi dalam pasangan tersebut akan menjadi “declarer” dan partnernya akan disebut sebagai dummy. Jika kedua belah pihak memiliki poin yang sama (20-20) maka kartu dikocok dan dibagikan kembali.

Dummy

Dummy adalah pasangan main declarer. Jadi setelah declarer dan dummy disepakati maka kartu-kartu yang ada ditangan dummy diletakkan secara terbuka di atas meja agar dapat dilihat oleh semua pemain. Kartu-kartu dummy disusun rapi sesuai warna dan urutan kartu yang benar. Jika ada truff maka kartu trump tersebut diletakkan disamping kanan dummy. Pemain yang menjadi dummy hanya  boleh memainkan kartu jika diperintahkan oleh declarer. Jadi declarerlah yang memainkan kartu-kartu di tangannya dan kartu-kartu di dummy untuk mendapatkan trik yang paling banyak.

Kontrak

Kontrak adalah jenis dan tingkatan permainan yang diputuskan oleh declarer untuk dimainkan dalam satu deal. Jika declarer memutuskan untuk bermain trump maka paling sedikit kedua pasangan tersebut harus memiliki 8 lembar kartu atau lebih dari salah satu warna. Jika declarer dan dummy tidak memiliki 8 lembar kartu dalam satu warna maka declarer dapat memilih kontrak No Trump.

Setelah selesai  menentukan jenis kontrak (trump atau no trump), maka langkah selanjutnya declarer harus mencari sejumlah trik untuk memenangkan kontrak atau dalam istilah Mini Bridge disebut “book”. Dalam hal ini declarer harus mendapatkan paling sedikit 7 trik. Jika declarer berhasil mengumpulkan paling sedikit 7 trik maka declarer dapat mengumumkan “kontrak” berhasil, tetapi jika gagal maka kontrak dinyatakan gugur (down).

Contoh : Declarer mengatakan kontrak adalah 1 Heart, ini berarti Declarer ingin bermain kontrak Trump dengan warna Heart sebagai trump dan harus mengumpulkan paling sedikit 7 trik.

Skor

Setelah ke-13 trik telah selesai dimainkan, maka langkah selanjutnya adalah menghitung skor. Jika salah satu pasangan berhasil mendapatkan trik sesuai dengan yang dinyatakan dalam kontrak maka mereka akan mendapatkan poin. Sedangakan jika pasangan tersebut tidak berhasil mendapatkan trik sesuai kontrak maka pasangan lawanlah yang akan mendapatkan poin.

Setiap skor berbeda untuk masing-masing jenis permainan :

Kontrak pada warna Spade atau Heart : 30 poin
Kontrak untuk warna Diamond atau Club : 20 poin
Kontrak No Trump : 40 poin dan 30 poin untuk setiap trik tambahan
   
Poin Bonus

Kontrak Partscore : 50 poin
Kontrak Game : 300

Jika jumlah trik yang dibutuhkan tidak tercapai, pasangan bermain tidak akan mendapatkan poin dan pasangan lawanlah yang akan mendapatkan 50 poin untuk setiap kekurangan satu trik.

No comments:

Post a Comment